Shopping cart

Sedekah Bumi dan Kontes Durian

Menyambut HUT Kabupaten Kediri ke-1219, Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar kontes durian dan sedekah bumi di Kecamatan Puncu, Minggu (19/2/2023).

Sebanyak 34 tumpeng yang berisi hasil pertanian dan 1219 durian itu diarak dari Dusun Parang Agung, Desa Asmorobangun menuju lapangan Desa Puncu. Masyarakat sekitar pun antusias mengikuti agenda tersebut.

Sepanjang rute, masyarakat sekitar terlihat menunggu di selasar teras untuk melihat langsung bagaimana hasil bumi petani Puncu diarak. Kemudian, di titik finish ribuan warga yang memadati venue acara berebut tumpeng sebagai wujud syukur dan kerukunan.

Selain sebagai wujud rasa syukur petani dalam menyambut HUT Bumi Panjalu, harapannya komoditas pertanian daerah tersebut dapat berkembang.

“Kontes durian itu untuk mencari bibit (durian) unggul lokal, dan durian-durian lain yang juga unggul“, Kata Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, Dwi Kristiono.

Agenda ini, lanjutnya, juga untuk merangsang munculnya durian lokal lereng Kelud bagian utara itu. Menurutnya, di daerah tersebut masih ada dua jenis durian lokal yang dapat bersaing. Yakni Kelud dan Gadungan.

Perihal ukuran, Dwi menyebutkan kedua durian itu berukuran menengah atau setara durian montong ke bawah. Pun demikian, rasa durian tersebut dinilai manis dengan kombinasi sedikit pahit. “Manis, ada pahitnya  juga,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu program prioritasnya. Pengembangan yang dilakukan tak hanya durian. Mulai nanas Pasir Kelud 1 (PK-1), kopi, hingga mangga podang.

Sementara itu ketua panitia sekaligus Kepala Desa Puncu, Hengki Dwi Setiawan menyebutkan, para kelompok tani ini memang bersemangat untuk menyambut HUT Kabupaten Kediri yang akan jatuh pada 25 Maret mendatang.

Pihaknya berharap, ke depan sektor pertanian di Kecamatan Puncu semakin melimpah, terlebih dengan adanya kegiatan semacam ini yang juga dapat mempromosikan durian asli Puncu.

“Nanti kita akan musyawarahkan lagi bersama kelompok tani, harapan kami akan ini akan kita jadikan agenda tahunan,” pungkasnya. [nm].

Kumpulan Foto dan Video


Event Terakhir